Cara Mengatasi PC dan Laptop Restart Sendiri Saat Main Gim

Cara Mengatasi PC dan Laptop Restart Sendiri Saat Main Gim - Anda pernah nggak sih alami PC yang tiba – tiba restart atau mati sendiri pada saat sedang asyik – asyiknya bermain game? Jika Anda termasuk salah satu pecinta gaming, kami yakin Anda pernah alami kejadian yang seperti ini pada saat bermain game. Terutama buat Anda yang gemar sekali memainkan game – game online yang butuh PC dengan spek ciamik. Rasanya pasti sangat tidak menyenangkan sekali kan, pada saat Anda sedang asyik – asyiknya menikmati sebuah permainan, tiba – tiba PC atau laptop Anda restart dengan layar monitor yang nge-blank, akan tetapi PC masih tetap hidup atau menyala.

Cara Mengatasi PC dan Laptop Restart Sendiri Saat Main Gim


Makanya pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan kepada Anda informasi tentang tips mengatasi PC dan laptop restart sendiri saat main gim. Penasaran seperti apa caranya? Mari simak langkah – langkah mudahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi PC dan Laptop Restart Sendiri Saat Main Gim


Memeriksa RAM PC atau laptop Anda


Tips mengatasi PC dan laptop yang restart sendiri pada saat bermain gim yang pertama adalah memeriksa RAM pada perangkat Anda. Silakan coba periksa dengan baik RAM yang dibawa PC atau laptopmu, apa sudah berkarat atau pun justru banyak debu. Sebab, apabila pada bagian satu ini berkarat dan berdebu, maka sudah pasti akan sangat mengganggu kegiatan gaming Anda. Makanya Anda perlu sekali untuk membersihkan RAM dengan pembersih seperti kuas dan penghapus. Silakan gosokan saja pada karat RAM, jika sudah maka Anda harus mencoba melihat apa PC sudah normal kembali untuk bermain game.

Tapi jika masalahnya masih belum normal juga, maka Anda harus mengganti RAM PC-mu tersebut atau pun menambah kapasitas RAM. Contohnya saja jika tadinya RAM hanya berukuran 2 GB, maka Anda bisa menambahkan menjadi 4 GB. Sebab, untuk memainkan game – game online butuh RAM yang cukup besar.

Memeriksa bagian VGA 


Tips lain untuk mengatasi PC atau laptop yang restart sendiri ketika digunakan bermain game, atau saat browsing, streaming, dan lain – lain adalah dengan mengecek maupun memeriksa VGA. Umumnya masalah VGA sama halnya dengan RAM, sehingga Anda perlu membersihkan bagian debu atau karat yang ada pada VGA di perangkat Anda tersebut.

Tapi yang membedakannya di sini adalah VGA card eksternal umumnya alami panas. Jadi Anda perlu memeriksa fan-nya apabila memang tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Bila perlu Anda ganti fan dengan yang baru atau apabila fan-nya memang tidak alami masalah maka Anda bisa mencoba menggunakan thermal paste. Tujuannya tidak lain agar VGA di perangkat Anda menjadi sejuk.

Memeriksa bagian prosesor PC


Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya bagian prosesor pada perangkat PC atau laptop ini berperan sebagai otak. Jadi, jika overheating maka Anda sangat tidak disarankan untuk memaksakan melakukan aktifitas apapun pada PC atau laptop Anda. Tetapi demikian, apabila masalah tersebut terjadi pada saat Anda sedang bermain game, maka lebih baik dinginkan terlebih dulu sebelum akhirnya melanjutkan permainan tersebut kembali.

Sangat disarankan sekali agar Anda menggunakan prosesor dengan kecepatan di atas 3.0 GHz. Dengan begitu maka Anda bisa bermain game dengan lancar dalam waktu yang lama.

Memeriksa bagian Power Supply atau PSU


Cara lain yang tidak kalah pentingnya harus Anda tahu saat laptop restart ketika bermain gim adalah dengan memeriksa bagian Power Supply pada laptopmu. Power Supply atau PSU ini pada dasarnya menjadi bagian terpenting yang ada pada PC atau laptop. Sebab berfungsi untuk mengalirkan daya ke semua komponen PC.

Apabila memang kebutuhan daya pada perangkat PC Anda sekitar 700 watt, akan tetapi PSU yang digunakan hanya punya daya sekitar 450 watt, maka siap – siap saja perangkat Anda tersebut akan alami restart dan mati dengan sendirinya ketika digunakan bermain game atau pun aktifitas lain.

Solusinya untuk mengatasi masalah tersebut sebetulnya mudah sekali, apabila PSU bawaan memang berdaya rendah, maka Anda bisa menggantinya dengan PSU baru yang memiliki daya jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk mereknya sendiri yang bisa dipilih diantaranya AcBel, Corsair, Antec, tagan, Xigmatex, FSP, dan Thermaltake.

Memeriksa program atau apikasi


Pada dasarnya pada beberapa OS ada yang support dan tidak untuk jalankan sebuah aplikasi, game dan program. Apabila ada masalah restart PC ketika menjalankan program, maka solusi terbaiknya adalah menginstal ulang sistem operasi di perangkat Anda.

Kadang kalanya ada program yang juga error atau crash, apabila yang bermasalah seperti game Point Blank atau game berat lainnya, maka instal ulang, update atau Anda bisa mengambil filenya dari warnet. Sebab biasanya game tersebut open source, gratis untuk dipublikasikan. Beda halnya dengan aplikasi lainya yang harus benar – benar asli.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengatasi PC dan laptop restart sendiri saat main gim. Semoga bisa bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi PC dan Laptop Restart Sendiri Saat Main Gim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel